KRITERIA SDM YANG IDEAL
KRITERIA SDM YANG IDEAL
A. Kriteria SDM yang ideal
1. Memiliki sifat jujur dalam bekerja
Kejujuran ini, lebih luas, bukan hanya bagi orang lain namun juga bagi diri sendiri. Di mana kejujuran pada orang lain yakni harus bisa bekerja sama, dilandasi oleh rasa saling percaya. Kejujuran pada perusahaan, bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku. Namun juga harus jujur terhadap kemampuan mereka sendiri, jika seorang SDM jujur terhadap apa yang bisa mereka perbuat serta apa yang tak dapat mereka perbuat, maka orang tersebut akan mendapatkan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai. Dan tidak menutup kemungkinan untuk berkembang ke depannya.
2. Tekun dalam berkerja
Seseorang atau sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk memfokuskan pada sesuatu yang sedang mereka kerjakan . perlu Anda ketahui tidak semua orang memiliki kemampuan seperti ini .ketekunan itu sendiri akan membuahkan sesuatu yang sangat menguntungkan bagi perusahaan , sebab sumber daya mnusia yang memiliki sifat tekun tidak akan berhenti dalam bekerja apabila mereka belum menghasilkan / menguntungkan perusahaan dalam hal ini memberikan sepenuhnya tenaga dan fikiran mereka terhadap perushaan untuk kepentingan kemajuan suatu perusahaan. jika anda memiliki karyawan seperti ini maka pertahankanlah karena sumberdaya manusia seperti ini merupakan aset perusahaan yang nantinya akan dapat memberikan keuntungan pada perusahaan dalam jangka yang panjang .
3. Ulet dalam bekeja
Seseorang yang tak gampang putus asa. Jadi akan terus menerus berusaha mencari penyelesaian, diiringi dengan sikap tekun, keuletan tersebut akan membawa orang tersebut pada sebuah dedikasi pekerjaan yang bermutu dan berkualitas. Di mana ini tentu saja akan membawa dampak positif pada perusahaan tempat pegawai tersebut bekerja.
4. Dedikasi
Seorang yang unggul wajib untuk memiliki rasa pengabdian pada tugas serta pekerjaan mereka. Di mana mereka harus mempunyai visi yang jauh ke depan. Seseorang dengan dedikasi yakni seorang yang disiplin, sebab akan fokus pada apa yang mau mereka wujudkan. Jika dilihat dari sisi profesionalitas, maka memiliki arti tidak bekerja setengah- setengah.
5. Inovatif dalam bekerja
seorang manusia unggul, yakni manusia kreatif, yang senantiasa aktif dalam mencari berbagai hal yang baru. Tentunya yang bersifat positif dan mendukung pekerjaan mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi, bukan penurunan kinerja.
B. Harapan dari kriteria SDM
1. Memiliki sdm yang dapat di percaya dalam bekerja dan dapat mengembangkan perusahaan.
2. memiliki sdm yang bekerja keras dalam mengembangkan perusahaan.
3. mempumyai SDM yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perusahaan
4. memiliki SDM yang pantang menyerah dalam mengembangkan perusahaan
5. memiliki SDm yang dedikasi
C. Sara meningkatkan SDM
1. Melalui pelatihan
Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap.
2. Pendidikan.
Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan karir.
3. Pembinaan.
Pembinaan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan lain-lain.
2. Pendidikan.
Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan karir.
3. Pembinaan.
Pembinaan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan lain-lain.
4. Memberi penghargaan
Karena pemberian penghargaan merupakan satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Dengan adanya pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi, hal tersebut akan membuat karyawan lainnya termotivasi untuk dapat menjadi lebih baik. Hal tersebut akan memberi kontribusi besar terhadap perusahaan dalam mengembangkan perusahaannya.
Komentar
Posting Komentar