KRITERIA SDM YANG IDEAL


KRITERIA SDM YANG IDEAL


A.  Kriteria SDM yang ideal


       1.  Memiliki sifat jujur dalam bekerja 

             Kejujuran ini, lebih luas, bukan hanya bagi orang lain namun juga bagi diri sendiri. Di                         mana  kejujuran pada orang lain yakni harus bisa bekerja sama, dilandasi oleh rasa saling                     percaya. Kejujuran pada perusahaan, bekerja dengan baik dan sesuai aturan yang                                 berlaku. Namun juga harus jujur terhadap kemampuan mereka sendiri, jika seorang SDM                     jujur terhadap apa yang bisa mereka perbuat serta apa yang tak dapat mereka perbuat,                           maka orang tersebut akan mendapatkan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai. Dan  tidak                   menutup kemungkinan untuk berkembang ke depannya.

       2.  Tekun dalam berkerja

            Seseorang atau sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk                                                memfokuskan pada sesuatu yang sedang mereka kerjakan . perlu Anda ketahui tidak                            semua orang memiliki kemampuan seperti ini .ketekunan itu sendiri akan membuahkan                        sesuatu yang sangat menguntungkan bagi perusahaan , sebab sumber daya mnusia yang                        memiliki sifat tekun tidak akan berhenti dalam bekerja apabila mereka belum menghasilkan /              menguntungkan perusahaan dalam hal ini memberikan sepenuhnya tenaga dan fikiran mereka              terhadap perushaan untuk kepentingan kemajuan suatu perusahaan. jika anda memiliki                        karyawan seperti ini maka pertahankanlah karena sumberdaya manusia seperti ini merupakan              aset perusahaan yang nantinya akan dapat memberikan keuntungan pada perusahaan dalam                  jangka yang panjang .

       3.  Ulet dalam bekeja 

            Seseorang yang tak gampang putus asa. Jadi akan terus menerus berusaha mencari                                           penyelesaian, diiringi dengan sikap tekun, keuletan tersebut akan membawa orang                                           tersebut pada sebuah dedikasi pekerjaan yang bermutu dan berkualitas. Di mana ini tentu                               saja akan membawa dampak positif pada perusahaan tempat pegawai tersebut bekerja.

       4.  Dedikasi

             Seorang yang unggul wajib untuk memiliki rasa pengabdian pada tugas serta pekerjaan                                   mereka. Di mana mereka harus mempunyai visi yang jauh ke depan. Seseorang dengan                                   dedikasi yakni seorang yang disiplin, sebab akan fokus pada apa yang mau mereka                                         wujudkan. Jika dilihat dari sisi profesionalitas, maka memiliki arti tidak bekerja setengah-                               setengah.

        5.  Inovatif dalam bekerja

             seorang manusia unggul, yakni manusia kreatif, yang senantiasa aktif dalam mencari                                       berbagai hal yang baru. Tentunya yang bersifat positif dan mendukung pekerjaan mereka                               untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi, bukan penurunan kinerja.




B.  Harapan dari kriteria SDM


         1.  Memiliki sdm yang dapat di percaya dalam bekerja dan dapat mengembangkan                                                perusahaan.
         2.  memiliki sdm yang bekerja keras dalam mengembangkan perusahaan.
         3.  mempumyai SDM yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perusahaan
         4.  memiliki SDM yang pantang menyerah dalam mengembangkan perusahaan
         5.  memiliki SDm yang dedikasi




C.  Sara meningkatkan SDM

         1.  Melalui pelatihan

             Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan                                     keterampilan, pengetahuan dan sikap.

        2.  Pendidikan.

             Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan                                               kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan                               karir. 

        3.  Pembinaan.

             Pembinaan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem                                   organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power                                 planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan lain-lain.
          
        4.  Memberi penghargaan

             Karena pemberian penghargaan merupakan satu bentuk apresiasi yang diberikan oleh                           perusahaan kepada karyawannya. Dengan adanya pemberian penghargaan kepada karyawan               berprestasi, hal tersebut akan membuat karyawan lainnya termotivasi untuk dapat menjadi                   lebih baik. Hal tersebut akan memberi kontribusi besar terhadap perusahaan dalam                               mengembangkan perusahaannya.





Hasil gambar untuk gunadarma

Komentar